Tuesday, January 27, 2015

Gunung Munara 1119 Mdpl 2016


Update Biaya Pendakian Bukit Munara 367 mdpl 7 Agustus 2016 :
Tiket masuk : siang 5.000 / malam 10.000
Parkir motor : siang 5.000 / malam 10.000
Biaya kebersihan dan keamanan : 5.000
pendakian gunung munara transporatasi 367 mdpl
Munara 367 mdpl

pendakian gunung munara transporatasi 367 mdpl
Tebing Batu Munara 2016

pendakian gunung munara transporatasi 367 mdpl
Karcis masuk Munara 2016

     Pendakian Gunung Munara 1119 mdpl ini dilakukan pada bulan Januari, disaat gunung-gunung kawasan taman nasional tertutup untuk pendakian karena faktor cuaca. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang merupakan salah satu faktor menjadi ramainya situs Gunung Munara, bisa dikatakan Munara ini adalah pelarian obat kangen mendaki gunung disaat musim hujan.

Transportasi dan rute menuju situs Gunung Munara.
Dari arah Jakarta bisa memilih lewat :
Lebak Bulus lurus – Ciputat lurus – Gaplek lurus – Bojogsari lurus – Parung lalu belok kanan ke – Ciseeng – Rumpin – Basecamp situs Munung Munara.

Dari arah Depok
Margonda lampu merah sebelum terminal belok kanan ke – Arif Rahman Hakim lampu merah belok kiri ke – Nusantara ketemu lampu merah belok kanan ke – Jl Raya Sawangan luruuuus terus lewat perempatan dtc - lurus ketemu pertigaan Parung Bingung ambil arah kiri ke Bojong Sari lurus terus ikutin jalan Raya Sawangan hingga ketemu lampu merah pertigaan Bojong Sari / Mc Donald belok kiri – lurusss terus ketemu Pasar Parung belok kanan – Ciseeng – Rumpin – Kampung Sawah – Situs Gunung Munara
(Dari teminal Depok sampai Pasar Parung bisa mengikuti angkot biru 03)               

Tanda ketika sudah dekat basecamp ialah setelah melihat jembatan dengan sungai besar belok ke kiri, lurus hingga ketemu SDN Kampung Sawah, lalu belok ke kanan, dan lurus mengikuti lapangan besar di kanan jalan nanti di pojok jalan akan terlihat Gapura Situs Gunung Munara disebelah kiri jalan.

Biaya 18 Januari 2015
Real cost :
-         Bensin motor pp Rp25.000.
-         Parkir Rp5.000/motor.
-         Daftar di pos basecamp Rp2.500/orang.

Kondisi jalur pendakian tgl 18 Januari 2015 :
-         Naik jam 8.30 sampai puncak jam 11. Turun jam 12.30 sampai bawah 13.20.
-         Kondisi jalur berupa tanah gambut yang licin.
-         Terdapat tebing batu sebelum puncak yang cukup tinggi.
-         Setiap pos terdapat warung jarak anatar pos 15 menit.
-         Cuaca cerah sepanjang hari hanya mendung sebentar ketika berada di puncak.
Tips pendakian Gunung Munara :
-         Pakai sepatu hiking / boot karena track sangatlah kotor dan licin.
-         Udara cukup panas saat berada di jalur tidak seperti pendakian gunung umumnya.
-         Jika ingin mengecamp di puncak hanya cukup untuk 3 tenda tidak lebih. Sisanya bisa membuat tenda di goa dan bawah tebing.
-         Cukup membawa daypack untuk perjalanan satu hari.


Gunung Munara 1119 Mdpl Januari 2015
Lokasi Parkir Situs Gunung Munara
Gunung Munara 1119 Mdpl Januari 2015
Basecamp Pos Awal Gunung Munara
Gunung Munara 1119 Mdpl Januari 2015
Jalur Gunung Munara

Gunung Munara 1119 Mdpl Januari 2015
Puncak Gunung Munara

Gunung Munara 1119 Mdpl Januari 2015
Puncak Gunung Munara

Gunung Munara 1119 Mdpl Januari 2015
Gua Gunung Munara

Gunung Munara 1119 Mdpl Januari 2015
Tebing Batu Gunung Munara

122 comments:

  1. Kalo naik kereta turun di stasiun apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah agak susah juga kalo transportasi umum apalagi jauh dari jalur kereta. mungkn bisa ke stasiun depok baru dulu lalu naik angkot 03 jurusan parung, dari parung naik angkutan arah ciseeng atau rumpin lanjut arah kampung sawahnya bisa naik ojek dari pertigaan rumpin karena jarang angkutan umum disana.

      Delete
    2. turun di St. Cisauk, setelah itu naik angkot D01 ke arah Cicangkal, dari Cicangkal hanya ada ojek atau nebeng, karena ga ada angkutan umum lagi ke arah sana

      Delete
    3. kalo dari cisauk deket tapi jalannya asooyy,, bikin goyang seluruh badan dan perut juga. tambah ngebul bgd dan banyak truk2 pengangkut pasir. saran saya mending lewat parung ciseeng aja.

      Delete
    4. Info dong kalo mau naik mau ikut :)
      089628266393

      Delete
    5. kalo naek commuterline ,turunya di depok / depok baru mas ??

      Delete
    6. depok baru mas, belakangannya langsung terminal depok

      Delete
  2. kalau naik angkot dari pasar parung ke ciseeng dan ke rumpin naiknya berapa kali yahhh dan berhentinya di jalan apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pasar parung menuju rumpin itu jalannya tinggal lurus aja kurang lebih 30 menit kalo menggunakan motor. Kalo menggunakan angkot dari pasar parung ke ciseeng ada banyak. Dari ciseeng ke pertigaan rumpin juga ada angkot. selanjutnya dari pertigaan rumpin ke kampung sawah situs munara bisa menggunakan ojek karena angkotnya jarang.

      Delete
  3. Parkiran mobil aman yaa kalo di tinggal ke puncak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasi parkirnya di jaga sama warga sekitar. Insya Allah aman kang.

      Delete
    2. musthafalaAchyarJuly 3, 2015 at 11:55 PM

      Misi mas kalo naik gunung munara pembayaran pos nya langsung lokasi atau jauh jauh hari dulu dan kalo mulai treknya boleh sore hari atau siang biar dapet sunset terimakasih

      Delete
    3. langsung di tempat mas. pagi siang sore malam boleh kok

      Delete
    4. sunset jam brp ya? trus track turun setelah sunset aman ga ya? mengingat sudah malam dan pencahayaan pasti berkurang.

      Delete
  4. Bang tanya.. berarti naik angkot tiga kali ya? Depok -> Pasar Parung -> Ciseeng (Patokannya mana?) -> Pertigaan Rumpin terus naik ojek ke kampung sawahnya yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciseeng bisa kecamatan ciseeng bang. Sebetulnya jalur dari pasar parung ke pertigaan rumpin itu cuma lurus terus ngikutin jalan sampe mentok pertigaan rumpin, gak belok2. Dipertigaan rumpin ada pangkalan ojek, angkot pertigaan rumpin kampung sawah ada tapi jarang.

      Delete
    2. Nanya mass ,- kalo dri stasiun depok baru -> pasar parung -> ciseeng -> pertigaan rumpin ,,terus dari pertigaan rumpin ke basecamp lumayan jauh gk mas ??

      Delete
    3. kalo pakai motor tidak begitu jauh dia muter bukit jalurnya, lewat sungai besar baru nanti ketemu kp sawah

      Delete
  5. Kalau dari stasiun parung ,naik apa lagi yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya kurang paham kalo rute angkutan umum dari stasiun yg dimaksud, mungkin yang mbak masud stasiun parung panjang ya. karena pasar parung (kabupaten bogor) tidak ada stasiun. stasiun terdekat stasiun depok baru. dari terminal depok (belakang stasiun depok baru) naik angkot 03 jurusan depok - pasar parung.

      Delete
  6. Sedikit tambahan bang, kebetulan pernah kedaerah sana juga ke curug rahong. Akses kereta cuma ada 2 stasiun depok sama parung panjang. Cuma, untuk akses kereta agak ribet, disambung naik KJU yg kadang super extreme supirnya. Lebih baik lewat akses depok, insya allah aman. Kalau pun mau lewat kadaka bunar juga bisa via lewiliang..

    ReplyDelete
  7. dari pasar parung kalo mau belok kanan patokan nya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari jalan raya ciputat-bogor patokan pasar parung belok. Dari pasar parung lurus aja mbak ikutin jalan lewatin ciseeng sampe mentok pertigaan rumpin ambil kanan. semakin lurus dari parung akan semakin terlihat jelas bukit2nya.

      Delete
  8. Kalo naik sepeda dari parung brp lama ya mas kira2 ? Bisa bawa ke atas bukitnya atau tdk kalo sdh di munara? Trm ksh sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 2 jam mas. Menurut ku bisa saja nuntun bawa sepedah ke atas munara, asalkan tidak mengganggu pendaki yg lain apalagi kalo sepedahannnya bareng2.

      Delete
  9. makasih infonya,long weekend ini mau cba kesana sama temen kantor..hehehe

    ReplyDelete
  10. kalau dari tanggerang gimana­čś×

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari tangerang bisa ambil arah bsd, cisauk, lalu ke rumpin bang

      Delete
    2. Untuk akses dari tangerang via Cisauk-Cicangkal saya sarankan agar diskip, hari minggu kemarin saya lewat sana, jalannya rusak parah berdebu (sampe rumah jaket dan motor putih semua), apalagi kalo hujan kayak lautan lumpur karena jalannya dilewati tronton muatan pasir.

      Lebih baik lewat rute Serpong-Puspiptek-Gunung Sindur-Ciseeng-sampe di prapatan besar (ke kiri ke Parung, lurus ke Jampang Telaga Kahuripan) ambil kanan ke arah Putat Nutug, lurus terus begitu ada pertigaan besar ambil arah kanan ke Rumpin (kalo ke kiri ke arah Ranca Bungur - Semplak Bogor). Setelah melewati jembatan harap hati2 karena siap2 untuk tanjakan extrim, tidak jauh dari situ sudah masuk ke kampung sawah. Gunung Munara terletak di sebelah kiri jalan, sedangkan sebelah kanan gunung nyungcung

      Delete
  11. Mohon infonya . Belokan pasar parungnya itu yg pas ada plang pesantren atau ada pohon besar yaaaa? Mohon infonya ya gan

    ReplyDelete
  12. bang mau nanya .. itu searah jalan mau ke curug cigamea kan ya ? saya baru tau gunung munara .. itu dimana nyaa yaa ?

    ReplyDelete
  13. Dari daerah tangerang gmna ya jalurnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ambil arah aeon bsd - cisauk - rumpin mbak

      Delete
  14. Sorry to say nih gan. waktu kesana cek peta kontur cuma 390an Mdpl tu gan gak nyampek 1000 Mdpl deh. Bsa di cek sendiri deh tau bsa lwat gmaps jga bsa di cek. Tpi emang sih bagus, buat pemula atau yg sekedar tracking santai boleh dicoba tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya di sebut bukit ya mas, saya pun juga kurang yakin 1119. entah siapa yg membuat plang puncak dgn ketinggian segitu.

      Delete
  15. Gan kalo dari cibinong naek motor rute ke gunungnya lewat mana yaa ?

    ReplyDelete
  16. Emg selalu licin ya jalannya? Ga ada sepatu hiking pula -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo naik angkutan umum mending turun di stasiun serpong lalu naik bus pusaka jurusan tangerang - bogor, angkutannya melewati pasar parung

      Delete
  17. kang,,saya mau nanya... saya dari gandul,cinere depok mau ke Munara naik angkot berapa ajaa yaa?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke parung bingung sawangan / lebak bulus dulu aja bang. nanti dari situ baru naik angkot yg ke pasar parung. dari pasar parung menuju rumpin itu jalannya tinggal lurus aja kurang lebih 30 menit kalo menggunakan motor. Kalo menggunakan angkot dari pasar parung ke ciseeng ada banyak. Dari ciseeng ke pertigaan rumpin juga ada angkot. selanjutnya dari pertigaan rumpin ke kampung sawah situs munara bisa menggunakan ojek karena angkotnya jarang.

      Delete
  18. kalo dari stasiun depok baru kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. turun dari st. depok baru jalan kaki ke arah terminal sambung angkot 03 biru jurusan parung - dari parung sambung angkot lagi ke ciseeng / langsung rumpin.

      Delete
  19. Mas kalo Naiknya Malem Kira" Jarak Pandangnya terbatas Atau tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman mas pakai headlamp jelas kok

      Delete
    2. Mas mau tanya
      Kalau misalnya dari stasiun cisauk naik angkutan umum yg nomor berapa ya?

      Delete
  20. ka, sebenernya tigginya berapa sih? soalnya aku dapet info itu cuma 367 mdpl. aku jadi bingung... tolong infonya ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ini saya juga bingung mbak hehe kawan2 yg punya alat menghitung ketinggian mungkin bisa tes.

      Delete
  21. Prmisi kang, mau tanya nih..
    Kalau dari pertigaan rumpin sampai masuk kawasan gunung nya jauh ga.. kira" jalan kaki brp menit..
    Thank's before

    ReplyDelete
  22. Kalau dari pasar parung kmna lagi mas?

    ReplyDelete
  23. Replies
    1. bisa ambil arah cisauk lalu lurus ke arah rumpin kondisi jalan jelek bnyk truk pasir

      Delete
  24. Klo dri tangsell menuju situs makan waktu brp jam ya sama kalo ntuk mendaki apa ad jam tertentu?:) trms di tunggu balasan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 jaman kurang lebih dgn roda dua. tdk ada jam tertentu mbak bisa naik kapan saja.

      Delete
  25. Mau tanya...
    Kalau naik kereta turun di stasiun depok baru atau depok lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. depok baru saja. nanti jalan ke belakang stasiun / terminal depok naik angkot 03 ke parung

      Delete
  26. Semua tracknya menguji adrenalin yah? Ada jalur khusus yg lebih aman gak? Yg buat pemula belum pernah ke gunung

    ReplyDelete
  27. Kalau Dri jakarta selatan naik motor kesana berapa jam kira".

    ReplyDelete
  28. Kan pas turun stasiun naik angkot klo boleh tau ongkos naik angkot'a itu berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. angkot 03 mentok 10rb bang, angkot selanjutnya saya belum tau maaf.

      Delete
  29. Kang kalo dari Rangkas treknya kmna ..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ambil arah rumpin bang dari cisauk / aeon mall bsd

      Delete
  30. Mas,numpang nanya klo turun tebingnya,setelah naik ke puncak susah gak?

    ReplyDelete
  31. terus medanya gimana kang,,? aman buat bawa anak kecil nggk..? anak SD.

    ReplyDelete
  32. Bang rute nauk kereta dr stasiun tanah abang sampe kestasiun depok,rutenya gmn aja yg harus dilwtin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok bang kereta commuterline tnabang - depok / bogor. jelas kok di rangkaian kereta ada nama2 stasiunnya. depok baru setelah stasiun pondok cina

      Delete
  33. Ada polisi gk klo.dri tangerang

    ReplyDelete
  34. Maaf, mau tanya..
    Itu di artikel, ketinggian Gunung Munara 1119 mDPL. Apakah itu benar? Pernah dihitung pake altimeter? Soalnya di peta topografi sekitar 300 mDPL.
    Lebih baik tidak dicantumkan ketinggiannya, daripada pengunjung kecewa dengan info yang kurang tepat.
    Salam Rimba!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pun kurang yakin dgn ketinggian 1119, angka itu saya dapat dari plang yang ada di puncaknya, entah siapa yg buat angka itu. salam bang

      Delete
  35. Setuju setahu saya kalo 1000Mdpl itu udah dingin2 gimana gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bang. komentar temen dia atas cek dgn peta kontur ketinggian hanya 390. entah siapa yg memulai dgn angka 1119

      Delete
  36. keren Gan ulasannya salam sukses dan sehat selalu http://villapriangan.com/gunung-munara/

    ReplyDelete
  37. kerenn gan .
    dari ciseeng itu jauh gak ? minggu kemaren sy cari2 malah nyasarnya ke curug nangka
    kalo mau ngetrip gabung boleh gak ,
    ini pin sy 54997ecb
    thnks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari ciseeng luruuss aja, mentok pertigaan belok kanan.kalo naik motor kurang lebih 30 menit dari ciseeng

      Delete
  38. beneran nih ketinggian gunung munara 1119? kayaknya yg nulis harus bawa altimeter ke puncaknya ...setahu saya itu kisaran 389 MDPL

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sekitar 389 390 yang bener. entah siapa yang memulai dengan angka 1119

      Delete
  39. mau tanya dong di deket munara ada tempat penginapan atau vila2 ga? sama klo pendakian subuh banyak ga soalnya pengen bgt dapet pemandangan matahari terbitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada atau tdk nya penginapan kurang tau saya mbak. lokasi disana perkampungan warga. aman kok naik subuh / malam.

      Delete
  40. mau tanya dong di deket munara ada tempat penginapan atau vila2 ga? sama klo pendakian subuh banyak ga soalnya pengen bgt dapet pemandangan matahari terbitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas minta rute perjalanan yg lengkap dong saya dari alam sutera tangsel mas mau ke munara mohon di bantu ya

      Delete
    2. ambil arah aeon - st. cisauk - rumpin

      Delete
  41. Kalo lihat sunrise cocok ngk? Tips nya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok bang karena landsacape menghadap ke timur, jalan waktu subuh saja dengan daypack.

      Delete
  42. 17 agustusanya di sanayuu sambil ngibarin benderaaaa merah putih :g

    ReplyDelete
  43. Misi mau tanya dong kalo ngecamp bisa gak? Terus tempatnya gmana aman gak?

    ReplyDelete
  44. Nanya mas.. Kalo dri arah alternatif cibubur itu kemana yaa jlnnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke arah cimanggis - jalan baru juanda - margonda - lanjut ke parung lewat jl raya sawangan

      Delete
  45. Mas mau nanya kalo di sepanjang jalur pendakian ada musholla gak? Terus kalo bawa rombongan ke sana harus dari jauh hari atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. musola cuma ada di bawah saja mas dekat pos lapor. langsung hari h bisa ots.

      Delete
  46. kak mau tanyaa, kalo dari kota wisata cibubur lewat mana ya kak?

    ReplyDelete
  47. Bang kalo dari arah beji depok sampe sana itu jalurnya ada polisi kaga ? Soalnya belom punya sim hhee takutnya ditilang

    ReplyDelete
  48. mas saya mau nanya,kalo dari arah cibinong naik motor trus bawa helm sama STNK cuma blm punya SIM kira2 kena tilang ngga ya?

    ReplyDelete