Jumat, 12 Desember 2014

Jalur Pendakian Gunung Semeru dari Jakarta

Catper Gunung Semeru
Pendakian Gunung Semeru kali ini dilakukan pada tanggal  12-17 November 2014 (pergi pulang Jakarta - Mahameru - Jakarta) terhitung lama pendakian dari basecamp Ranupane -Mahameru - Ranupane selama 3 hari. 
Puncak Mahameru
Puncak Mahameru Bersama Kelompok Pendaki Lain
 
transportasi gunung semeru dari jakarta, pendakian gunung semeru jakarta
Catper Gunung Semeru
Sebelumnya tiga Minggu sebelum tanggal pendakian kami mendapat info area Ranukumbolo terbakar, dua minggu sebelum pendakian luas area kebakaran sudah mencapai pos 2 dan Cemoro Kandang,  dan satu minggu sebelum pendakian kami mendapat info ada mahasiswa S2 UGM yang meninggal dunia di jalur pendakian setelah Arcopodo menuju puncak Mahameru, hal ini membuat beberapa temen mengurungkan niat pendaikan kali ini.

Jalur masuk gerbang pendakian gunung semeru
Gerbang Pendakian Gunung Semeru
Info Jalur Pendakian Gunung Semeru
Info Jalur Pendakian Gunung Semeru
Info jalur pendakian gunung semeru
Info Jalur Pendakian Gunung Semeru
Setelah kejadian atas meninggalnya mahasiswa UGM tadi, pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) melarang aktivitas pendakian hingga puncak, aktivitas pendakian hanya boleh dilakukan hingga kawasan Kalimati saja. Namun akan tetapi ketika kami melapor pada pos basecamp Ranupane pihak basecamp tidak ada larangan hingga ke puncak, justru kami diizinkan menuju puncak dengan nasihat berupa dijaga kelompoknya masing-masing dan jangan sombong. Hal ini sontak membuat kami tersenyum dan kaget dengan berita sebelumnya pada media yang melarang keras pendakian hingga puncak.

Ranu Kumbolo Pendakian Gunung Semeru2014
Ranu Kumbolo
sewa alat gunung depok murah jakarta sewa alat pendakian, rental alat outdoor, penyewaan tas gunung
Sewa Ceriel Depok 083826262651
Kondisi track jalur pendakian 
  • Dari pos basecamp Ranupane 07.30 - Ranukumbolo 12.00 : 5 jam Dengan kondisi medan sedikit landai hingga menanjak memutari perbukitan. Membuat tenda menginap satu malam di Ranukumbolo baru esok pagi melanjutkan ke Kalimati. 
  • Dari Ranu Kumbolo 09.00 - Kalimati 13.00 : 4 Jam Dengan kondisi medan dimulai menanjak tanjakan cinta, melalui padang sabana oro-oro ombo, dan menanjak setelah Cemoro Kandang hingga Jambangan dan kembali menurun hingga tiba di Kalimati.
  • Kalimati 23.00 - Puncak Mahameru 05.30 : 6 Jam Camp tenda terakhir di wilayah ini untuk menuju puncak. Kondisi medan dimulai dengan memasuki hutan arcopodo kurang lebih 2 jam setelahnya medan berpasir dengan batuan besar yang siap longsor. 
  • Turun Puncak 08.00 - Kalimati 09.00 : 1 jam.
  • Kalimati 12.00 - Basecamp Ranupane 20.00 : 8 jam. dengan istirahat di Ranukumbolo sekitar 1 jaman.

Oro-Oro Ombo
Oro-oro Ombo
Jalur menuju puncak mahameru
Jalur Menuju Puncak Mahameru

#Selama pendaikan saat bulan November hujan turun siang - sore menjelang malam hari dan kembali terang bintang saat malam harinya.

#Sumber Air : Sumber air ada di dekat kalimati ambil arah ke aliran sungai mati pojok selatan padang kalimati dan mengikuti arah tali kurang lebih 1 jam pulang pergi.

Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo Menjemru Pakaian yang Terkena Hujan
Puncak Mahameru
Puncak Mahameru

Tips Pendakian Gunung Semeru Musim Hujan 
  1. Cari info mengenai gunung semeru terupdate di dunia maya (bila pendakian belum ditutup anda masih aman untuk mendaki). Penutupan Semeru biasa dilakukan Januar hingga Maret. 
  2. Isi keril bungkus dengan trash bag / kantong sampah besar (dengan memasukan matras ke dalam trashbag membentuk lingkaran) jaga agar pakaian ganti makanan malam tenda tidak kebasahan karena hujan. 
  3. Anda dapat beristirahat membuka tenda satu malam di Ranukumbolo atau pun jika fisik masih bagus dapat langsung meneruskan perjalanan hingga Kalimati dengan lama perjalanan 6 jam dan bermalam disana baru malam kedua menuju puncak mahameru. 
  4. Air bersih dapat dipenuhi pada gerbang gapura selamat datang para pendaki dan di sumber air mani di Kalimati. (sumber air di Ranukumbolo kotor). 
  5. Sebelum naik ke puncak pastikan jika malam hari banyak bintang yang berarti sepanjang malam akan terang tidak hujan. 
  6. Jangan melakukan perjalanan setelah jam 03.00 meunuju puncak karena anda akan sampai puncak siang hari yang membahayakan karena asap sulfatara akan berhembus mengarah ke jalur pendakian. 
  7. Lakukan perjalanan summit dari Kalimati meunju puncak Mahameru pada pukul 23.00 atau 24.00 malam. 
  8. Jalanlah secara zigzag agar tidak terlalu berat mendaki miring. 
  9. Pastikan orang terdepan mencari pijakan yang kuat dan orang dibelakangnya mengikuti jalur orang yang terdepan saat muncak. 
  10. Jika beristirahat pada jalur menuju puncak pastikan anda beristirahat pada batu yang sangat besar agar tehindar dari kejatuhan batu yang lebih kecil dari atasnya. 
  11. Saat beristirahat tunjuk salah satu orang untuk memantau melihat ke arah atas agar terhindar dari kejatuhan batu secara tiba-tiba. 
  12. Bawa air perorang perbotol dan penghangat tubuh (jaket, celana panajang, sepatu, pengapian parafin / kompor alkohol) saat menuju puncak.
 

Ranu Kumbolo setelah kebakaran
Ranu Kumbolo Terlihat Tanaman yang Baru Tumbuh Akibat dari Kebakaran
Sewa peralatan gunung depok, sewa alat outdoor jakarta, rental tenda camping depok
Sewa Alat Camping Depok Murah

2 komentar:

  1. Mas mau tanya area yang sempat terbakar kemarin area mana ya?
    Apakah oro-oro ombo juga ludes terbakar?

    BalasHapus
  2. Waktu saya kesana pertengahan november sisa kebakaran yang terlihat bertempat di tebingan pos 2, cemoro kandang hingga jambangan, oro-oro ombo hanya pinggiran kanannya saja, dan ranukumbolo sudah mulai tumbuh tanaman baru mas.

    BalasHapus