Jumat, 15 April 2022

Lintas Gunung Rinjani Sembalun - Torean

Pendakiannya sih tahun lalu Mei 2021 tapi baru bisa tulis catpernya buat blog gue ini April 2022. Setahun gak tuh??

Akhirnya gue bisa ke Gunung Rinjani, bisa lintas jalur Sembalun - Torean, Bonus bgt ini. Beberapakali buat rencana ke Rinjani ketunda terus mulai dari harus remedial Raung, gempa bumi, sampai covid19. Sebelumnya itin yang gue buat klo jalan sendiri, gue buatnya selalu naik turun Sembalun biar ngejar waktu. Tapi itin itu berubah setelah dapat libur korona dari kantor. yaudah ikut open trip karena bisa libur lebih lama. Btw ini ot pertama gue buat pendakian yang gue anggap masih bisa jalan sendiri tanpa ot. Sebelumnya Raung kan harus sewa alat guide n Latimojong private trip sendiri karena dadakan. Jadi vibesnya pasti beda wkwk.

Udah dapat nih kapan waktunya libur, berikutnya cari-cari info open trip di sosmed. Nemulah Shelter Garut punyanya Bang Adul yang waktunya cocok. langsung kasih DP!

Foto tim pendakian Gunung Rinjani

Shelter Garut

Oia diawal gue ulas sedikit Shelter Garut ya karena gue puas bgt dgn layanannya. Mulai dari penjemputan dari bandara mobilnya udah Hiace, nyamankan. Homestay juga khusus buat peserta kami aja saat itu gak campur peserta lain. Dari manajemen pendakiannya di jalur udah rapi banget timnya ada bagian masak, guide, porter. Nah satu lagi yang paling gue seneng itu pas Bang Adul bilang saat briefing tim dia bakal tetap nemenin ke puncak bagaimanapun kondisi cuaca nanti. Senenglah yang punya tujuan PUNCAK kek gue, harus puncak karena ini pendakian pertama ke Rinjani.. klo udah pendakian yang ke-2 baru beda lagi tujuannya bisa itu cuma antar teman atau camping ceria aja gpp.

Gue lupa catat jumlah peserta pendakian saat itu, gue hitung dari foto pas mau mulai pendakian si ada 23 orang, bener ga?. 6 hari PP Jakarta lintas Sembalun Torean 27 Mei 2021 - 1 Juni 2021.

rental outdoor depok. sewa tenda gunung depok. sewa alat cammping depok
Sewa alat outdoor camping Depok
OTW..

Kamis malam abis isya antigen dlu buat syarat terbang. Tidur sebentar, Jumat dini hari jam 02.00 diantar adek gue ke lokasi Bis Bandara dekat pintu tol Cisalak. Naik bis bandara yang pertama hari itu. Perjalanan di bis bandara gak banyak yang gue lakuin tidur aja sampai tiba di Soeta jam 03.00, langsung chekin lanjut ke boarding room ketemuan sama peserta lain yang satu pesawat. Jam 06.00 take off. Tidur di pesawat.

08.00 wita tiba di Bandara Lombok, ketemu lagi sama peserta lainnya di sini yang beda pesawat. Btw bandaranya susah cari masjid buat solat Jumat, udh muter cari gak nemu. Jam 12.00 dijemputlah kami oleh dua mobil elf menuju Sembalun. 4 jam perjalanan dari bandara ke Sembalun akhirnya tiba di homestay, istirahat sebentar berbincang dengan peserta lainnya sambil buat teh. Makan malam, briefing, tes kesehatan, tidur. kegiatan saat itu.

Paginya Sabtu 07.40 dijemput mobil pickup untuk di antar ke titik awal pendakian, perjalanan kurang lebih 20 menit. 08.00 tiba di titik awal pendakian.. foto tim dulu bersama. Setelah itu dimulailah pendakiannya..

Titik awal pendakian Gunung Rinjani

Pendakian dimulai

08.10 dimulai start dari pintu rimba. Beberapa peserta rombongan menggunakan ojek motor hingga POS 2. Peserta yang tidak naik ojek beruntung bisa titip keril ke peserta yang naik motor saat itu. Lumayan. Gue yang gak naik ojek motor kebagian untung wkwk. Sampai di pos 2 09.45.. ternyata rombongan yang naik ojek udah pada lanjut jalan. Dimulailah pendakian sebenarnya buat gue karena sudah harus mulai gendong keril.

Keram

Setelah istirahat sebentar di pos 2. 10.00 lanjut kami tim yang gak naik ojek meneruskan pendakian. Dan gue jadi peserta yang paling belakang. Belakang gue udh sweeper wkwk lemah bgt saat itu entah kurang pemanasannya gak lari rutin dulu sebelum pendakian ini. Parahnya lepas pos 2 kaki gue keram.. keramnya kiri kanan Ya Allah.. itu kaki digeser 1cm aja susahnya minta ampun. Cuma bisa bertumpu di trekingpole yang gue bawa buat nahan beban badan. Dari pada gak bisa lanjut gue mutusin buat pakai jasa porter aja. Pak Ahmad yang nemenin gue jadi sweeper gue minta tolong buat bawain keril.. sudah agak enak kaki setelah keril dibawakan oleh Pak Ahmad. Cuma masih pindah-pindah keramnya bisa ditelapak kaki, betis, paha. Pasrah saat itu dengan kaki, gue ajak ngobrol tuh kaki. Tapi mental gue masih kuat buat lanjut.. makasih buat kelompok pendaki lain yang kasih counterpainnya ke gue saat itu berguna bgt. Singkat cerita akhirnya gue yang terakhir tiba di Plawangan. waktu saat itu 16.30. Akhirmya masuk tenda!

Puncak Rinjani dari Plawangan

Plawangan Sembalun

Puncak Rinjani

Sore hari di Plawangan Sembalun kegiatan gue cuma liatin jalur menuju ke puncak, perkiraan gue saat itu 4-5 jam buat bisa sampai ke puncak. Liat besok ajalah berapa jam. Ternyata 6,5jam.. Malam harinya peserta dapat makan malam, kenyang lalu istirahat tidur untuk persiapan summit attack. Hari berganti Minggu 00.30 dini hari kami sudah bangun, ada roti dan minuman hangat yang disediakan. Setelah semuanya siap, tidak lupa kami berdoa untuk perjalanan menuju puncak. Dimulailah summit attack, gue bersyukur kaki gue udah normal udah ga keram lagi.. beberapa kali kami istirahat, hingga sampai batas vegetasi nafas gue masih aman, langkah masih oke. Setelah batas vegetasi mulai ketemu jalur berpasir kaki mulai deh ritme keong jalan pelan. Puncak kelelahanya buat gue ketika matahari sudah muncul langit sudah terang tapi gue belum sampai di puncak. Ketemu tanjakan terakhir yang bikin fisik terpukul bgt, nyesel kurang latihan jadi capek banget di jalur summit ini. Padahal kaki udah oke, tapi fisik yang sekarang kurang mendukung buat sat set. ampunn.. walau pada akhirnya Alhamdulillah 06.50 sampai juga di Puncak Gunung Rinjani 3726 mdpl. Infonya tim kami saat itu semuanya berhasil sampai di Puncak. Yeah Congrats buat kita!!. Turun lagi 07.30 ke Sembalun, panas banget cuacanya terik mataharinya. Jalur cukup jelas gue turun sendiri menuju tenda, Alhamdulillah kaki udah aman bgt gue ajak perosotan di pasir, berlari di jalur turun, loncat udah aman. Tiba di tenda 10.30.

Foto tim di Puncak Gunung Rinjani

Puncak Gunung Rinjani 3726 mdpl

Menuju Segara Anak

Walau kaki udah enak, gue tetap mutusin untuk menggunakan jasa porter sampai pendakian selesai. Bolehlah pengalaman bawa badan aja, dan emang efeknya candu parah, gue next klo naik seven summit Bukit Raya atau Binaiya pakai porter ajalah. Bener enak bgt cuma bawa badan itu!.. Setelah turun dari puncak, makan siang, lanjut turun ke danau. Jalurnya itu jauh juga ternyata dan terjal di awal penurunan. 2 jam untuk bisa sampai di danau. 15.30 gue sampai. Di Segara Anak banyak yang mancing ikan, asik lah buat sore-sore duduk di pinggir danau. Di sini gue dan beberapa peserta lain juga menuju lokasi air panas. Banyak bgt monyet liarnya di lokasi tempat air panas, hati2.. Asiknya di sini ada spot wifi juga, esok paginya gue sampai ke spot ini sendiri buat isi absen kantor. Malamnya makan ikan, ngobrol dengan peserta lain, tidur.

Danau Segara Anak Rinjani

Jalur Rinjani via Torean

Turun Torean

Pagi harinya 08.00 kami turun. Takjub dengan jalur Torean naik turun bukit menyebrangi sungai kecil, masuk hutan, ladang jagung kurang lebih 9 jam untuk turunnya hingga tiba di basecamp. Itu gue tanpa keril ya 9 jam. Gimana kalo naik terus bawa keril lewat jalur ini.. gak deh. oia cuaca selama pendakian kali ini hujan gerimis saat pos 2 menuju pos 3, sisanya cerah sampai dengan turun ke Torean.

Pemandangan Jalur Torean

Jalur Rinjani via Torean

Pulang

Selasa 1 Juni 2021, 08.00 naik pickup dahulu 40 menit menuju jalan besar, barulah dijemput elf yang kemarin antar kami. Lanjut naik elf 3 jam menuju bandara. Di hari terakhir ini kami terbagi 2 kelompok. Satu mobil langsung antar bandara untuk peserta yang mau langsung balik Jakarta dan satu mobil lagi masih pada lanjut main ke pantai (include ot). Gue ikut yang langsung balik!

Tks buat Shelter Garut dan semua peserta :)

Percabangan di jalur Torean

Lintas sembalun torean pendakian gunung rinjani. transportasi gunung rinjani jakarta
Catper Rinjani Lintas Sembalun Torean

Selasa, 28 Desember 2021

Pendakian Atap Banten Gunung Karang dan Gunung Aseupan

Wah satu tahun gak nulis catper gue, padahal pendakiannya sudah selesai. Tahun 2021 ini Alhamdulillah masih bisa mendaki 2 Gunung (Rinjani dan Burangrang) Rinjani dan Burangrang gue tulis terpisah ya. Baru inget pendakian Gunung Karang dan Gunung Aseupan ini gue lakukan di 2020. Kok baru sempet ditulis sekarang ya Desember 2021! Parah.

Catper Gunung Karang dan Gunung Aseupan Banten

Puncak Gunung Karang 1178 mdpl dan Aseupan 1174 mdpl

Rental Outdoor Depok, Rental Outdoor Jakarta, Sewa Alat Gunung Depok
Rental Outdoor Kota Depok

Pendakian Gue kali ini jalan bareng sama Fajar kawan naik Gede via di Salabintana dan Salak 2 waktu itu mantul lah, Ucup tandeman gue kemana-mana mendaki sama dia, terus bang Galank temennya si Fajar anak Tangerang. Makasih semuanya juga buat para pendaki banten yang udah gue tanya-tanya sebelum pendakian ini dimulai.

Basecamp Pendakian Gunung Karang

Gunung Karang ini atapnya provinsi Banten dengan ketinggian 1778 mdpl, sedangkan Gunung Aseupan ketinggiannya 1174  mdpl gunung paling barat di Pulau Jawa dari atas gunung ini bisa lihat langsung Selat Sunda

Catatan Perjalan Singkat

Tujuan : Gunung Karang dan Gunung Aseupan.

Jalur yang dilalui : Gunung Karang via Pintu Sumur  Desa Kaduengang dan Gunung Aseupan via Sukaraja Jl Raya Jiput.

Jumlah Tim : 4 orang

Waktu Pendakian : Gunung Karang tektok dan Gunung Aseupan camp satu malam.

Medan Pendakian : Gunung Karang (Ladang Penduduk dan Sedikit Hutan Tropis) Gunung Aseupan (Persawahan, Ladang Penduduk, Hutan Punggungan Menuju Puncak.

Suhu saat itu : Panas tidak terlalu dingin.

Menuju Basecamp Pendakian Gunung Karang dan Gunung Aseupan

Jika menggunakan kendaraan pribadi langsung saja cari di google maps ikuti sampai tiba di Sumur 7 Gunung Karang dan Basecamp Gunung Aseupan. Kami berempatpun menuju Basecamp titik awal pendakian bermodalkan google maps dan tanya penduduk sekitar. Klik disini untuk titik maps Gunung Karang dan Gunung Aseupan.

Sumur 7 Gunung Karang Banten

Cerita Pendakian

Gue sama Ucup start 18.30 dari Depok ketemuan sama Fajar dan Bang Galang di SPBU Gembong Balaraja 22.15 baru tiba di SPBU ini. Udah 3,5 jam aja baru sampai sini masih jauh ke Pandeglang. Baru sampai di Pintu Sumur 7 tuh 00.30 total 6 jam dari Depok. Asli ini perjalanan paling jauh gue naik motor. Belum lagi otw ke Basecamp Gunung Aseupannya yang hampir mentok ke pantai sedikit lagi. Dari Pintu Sumur 7 ini ke Basecamp Pendakian Gunung Aseupan masih 3,5 jam lagi. Capek gak tuh, nanti baru turun tektok Gunung Karang langsung cus ke Aseupan!

Zairah sebelum pendakian Gunung Karang

Ini pendakian paling sakral si menurut gue, sebelum memulai pendakian kami disuruh kuncen untuk zairah terlebih dahulu ke Makam disitu. Asli si tengah malam kami ke sebuah bangunan kaya langgar gitu terus ada makam ditutupi kain putih ada kembang-kembang disekelilingnya wanginya khas. Gua jadi followers aja disini yang mimpin doa anak pondok si @ucup. Bagaimanapun kita harus menghormati budaya setempat.

Medan Pendakian Gunung Karang

Pos 3 Gunung Karang

Setelah istirahat sebentar meremin mata jam 05.00 kami mulai pendakian. Medan awal masihi ladang penduduk banyak yang baru buka ladang jadi agak terbuka tempatnya. Akhir ladang penduduk ini langsung pos 3 1,5 jam dari Sumur 7. Setelah lepas pos 3 baru masuk ke hutan yang lebih rapat hingga ketemu pertigaan arah puncak Gunung Karang dengan waktu tempuh 1 jam. Dari pertigaan ini ke puncak hanya 15 menit.

Tiba di Puncak Gunung Karang 1778 mdpl 08.21, di Puncak ini terdapat makam dengan kain putih, kondisi puncak pun tertutup pohon tinggi. Kami turun kembali dari puncak 09.30 tiba di Pintu Sumur 7 11.40.

Gerbang Desa Basecamp Gunung Aseupan dari Jl raya Jiput Caringin

Lanjut Aseupan, gue kira deket ya jaraknya BC Karang ke BC Aseupan kan Sumbing Sindoro Kledung Garung. Gak taunya 3,5 jam lagi motoran. 12.30 cabut dari Pintu Sumur 7 tiba di Basecamp Aseupan 16.00. niat kami mau langsung naik tapi pas tiba di BC harus lapor Pak RT dulu karena kita belum tau medannya. PAK RTnya lagi pergi ke ladang baru pulang pas udah mau magrib, sabar gak tuh nungguin RT. Pak RT datang kami langsung minta izin mendaki, kami mulai mendaki jam 18.00. diawal jalur kami diantar anaknya pak RT karena banyak jalur bercabang setelahnya kami dilepas mengikuti jalur pendakian yang sudah jelas. 20.30 setelah 2,5 jam berjalan kami mendirikan trap tent di Camp 2. Istirahat... besok paginya 06.10 berangkat summit, tiba di Puncak Aseupan 1174 mdpl 07.10. fyi jadi basecamp Gunung Aseupan ini adalah rumahnya Pak RT di Desa Kaduhejo Jl Raya Jiput Caringin. Awal datang gue kira tuh bakal banyak stiker-stiker pendakian gitu, eh ternyata gak ada, gak ada petunjuk kalo itu rumah di jadiin basecamp. minimal spanduklah pasang biar kita ga nanya nanya lagi.

Rumah Pak RT Basecamp Pendakian Gunung Aseupan Banten

Pendakian Gunung Karang, Pendakian Gunung Aseupan, Atap Banten, Gunung Pulosari, Rute Gunung Karang, transportasi menuju gunung karang banten
Pos 2 Gunung Aseupan

Tips Mendaki Gunung Karang dan Gunung Aseupan :

1.   Enak Tektok oneday trip aja.

2.   Hormati budaya setempat

Enak naik kendaraan pribadi, sulit kendaraan umumnya.